Jumat, 29 Mei 2009

Awal Sebuah Usaha

Dalam menghadapi persaingan pangsa pasar yang semakin hari semakin tinggi tinggi, kita harus pintar-pintar dalam memilih usaha apa yang akan dilakukan supaya tidak kalah dengan orang lain.
Untuk memulai usaha baru setidaknya harus menyiapkan hal-hal seperti :
1 Modal
2 Tempat yang setrategis
3 Bahan Baku
4 Pekerja
Dalam menentukan usaha apa yang akan dikelola kita harus memikirkan betul-betul apa usaha yang akan dijalankan tersebut, karena sangat berpengaruh dalam sukses (berkembang) atau tidak sukses, bahkan malah mengalami kebangkrutan sehingga dapat mengakibatkan kerugian dalam usaha tersebut. Kita harus menentukan apa yang akan di bisniskan dalam berwirausaha. Kita juga harus melihat barang apa yang dibutuhkan oleh masyarakat serta juga mempertimbangkan berapa kira-kira harganya, sehingga dapat mereka jangkau baik dari orang ber'ekonomi rendah, sedang, maupun tinggi serta barang yang diperjual-belikan tersebut adalah barang yang masih langka di pasaran.
Misalnya,apabila kita lihat dari faktor kelangkaan yakni misalnya dapat dilihat di suatu daerah yang masih terbilang masih sangat plosok, remaja disana memakai gaya model pakaian yang bisa dibilang tergolong jadul (zaman dulu). Model gaya pakaian yang digunakan remaja di daerah tersebut sangatlah kurang baik, padahal mereka pengen model gaya pakaian yang mereka kenakan itu up'to dete sehingga tidak ketinggalan dengan model gaya pakaian di daerah perkotaan. Untuk mencari pakaian yang mereka inginkan, mereka bahkan rela membeli membeli pakaian di kota-kota besar yang ada. Apabila kita mengoreksi ulang hal tersebut, hal itu disebabkan karena masih langkanya toko pakaian di daerah tersebut, seorang wirausaha dapat memanfaatkan faktor kelangkaan tersebut sebagai pendorong membentuk sebuah usaha.Dalam memulai usaha baru,kita harus menentukan letak yang setrategis, yang dekat dengan keramaian dan aktivitas masyarakat. Sebab apabila kita tidak memperhatikan hal tersebut,dengan mendirikan usaha di sembarang tempat bahkan ditempat yang sepi pun dibuat usaha maka usaha yang kita kelola tidak akan laku, alhasil malah dapat mengakibatkan kebangkrutan.
Seorang wirausaha jangan cuma memikirkan untung, untung dan untung.Wirausaha juga harus memikirkan produk yang dipasarkan itu layak atau tidak digunakan atau dikonsumsi oleh masyarakat, jangan meniru kejadian yang akhir-akhir ini bermunculan misalnya saja berbisnis makanan tetapi makan tersebut di produksi dengan cara tidak sehat dan tidak halal karena menggunakan bahan baku yang sudah tidak diperbolehkan lagi untuk diolah misanya saja menggunakan bangkai ayam untuk membuat makanan siap jadi/ instant.
Wirausaha harus mempunyai niat yang sungguh-sungguh dalam memulai sebuah usaha. Maka dari itu apabila anda tertarik menjadi wirausaha dan sedang mengelola usaha baru, berjuang dan ber'semangatlah untuk dapat mewujudkan cita-cita yang anda inginkan.SEMANGAT.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar