Sabtu, 30 Mei 2009

Kebutuhan Ekonomi Manusia

Setiap manusia pasti memiliki kebutuhan hidup yang berbeda-beda dan sangat nyata kalau kebutuhan manusia ada yang tidak terbatas. Semakin lama kebutuhan manusia terus meningkat dan berubah, faktor-faktor yang menyebabkan hal itu yaitu, meliputi :
a Usia
Misalnya saja waktu seorang bayi lahir, bisa dikatakan bahwa seorang bayi yang baru lahir tersebut hanya membutuhkan susu untuk makan, tetapi setelah bayi tersebut usia 4 bulan lebih tentunya tidak hanya membutuhkan susu saja, bayi tersebut juga membutuhkan barang lain seperti pakaian, sepatu dan lain sebagainya.Kebutuhan selalu meningkat seiring dengan usia seseorang, hal ini bisa dicontohkan bahwa perkembangan usia sangat berpengaruh terhadap kebutuhan.
b Pendidikan
Kebutuhan manusia juga berkembang seiring dengan tingkat pendidikan yang dialami seseorang. Bisa dibayangkan ketika kita duduk di bangku SD, kebutuhan kita tentu tidak sebanyak ketika kita duduk di bangku SMP, contohnya untuk peralatan sekolah saja ketika di SD buku yang diperlukan tidak sebanyak di SMP, tentunya ketika duduk di SMA pun kebutuhan lebih banyak lagi dan begitu seterusnya kalau melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi.
c Teknologi
Perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan, misalnya kita sekarang sudah biasa melihat orang berbicara lewat telepon sambil jalan-jalan, ini adalah akibat dari perkembangan teknologi komunikasi yang menghasilkan handphon (telepon genggam). Sekarang handphone sudah menjadi kebutuhan utama bag orang-orang sibuk. Jadi semakin maju teknologi yang ada, semakin meningkat pula kebutuhan manusia.
d Pendapatan
Apabila kita memperhatikan orang-orang di sekitar tempat tinggal kita, tentu kita dapat membedakan mana yang berpendapatan tinggi dan mana yang berpengapatan rendah. Misalnya saja ada tetangga kita yang menggunakan mobil ketika berpegian tapi ada juga yang hanya menggunakan sepeda ontel. Hal itu membuktikan bahwa tinggi rendahnya pengapatan berpengaruh terhadap kebutuhan.
e Jumlah Penduduk
Kebutuhan akan semakin besar seiring dengan pertambahan penduduk. Hal ini tentu mudah untuk dipahami. Contoh kecilnya yaitu kita dapat memperhatikan lingkungan keluarga kita masing-masing. Setiap anggota keluarga pasti pasti memiliki kebutuhan sendiri-sendiri, misalnya kita membutuhkan makanan untuk 3x sehari, dua setel baju , sepatu dan masih banyak yang lainya. Intinya semakin banyak jumlah anggota keluarga semakin besar dan beragam kebutuhannya. Demikian juga dalam lingkup yang lebih luas seperti negara, hal itu bisa dibuktikan dengan melihat besarnya Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang terus meningkat seiring dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk.
Kesimpulannya yaitu Kebutuhan manusia yang meliputi barang dan jasa ini akan berpengaruh yterhadapa faktor-faktor di atas dan kebutuhan manusia akan selalu tidak terbatas.

2 komentar: